Riders Wajib Tahu Fungs Spakbor Motor Biar Tidak Asal Copot Saat Modifikasi

Annisa Fadhilah
Senin 25 September 2023, 13:00 WIB
Riders Wajib Tahu Fungs Spakbor Motor Biar Tidak Asal Copot Saat Modifikasi (FOTO: Freepik)

Riders Wajib Tahu Fungs Spakbor Motor Biar Tidak Asal Copot Saat Modifikasi (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Spakbor adalah sebuah komponen pada sepeda motor yang sering kali terabaikan, namun memiliki peran krusial.

Meskipun tampak sederhana, spakbor jauh lebih dari sekadar aksesori penunjang tampilan motor. Spakbor memiliki fungsi utama dalam melindungi motor dari berbagai ancaman di jalanan.

Kali ini, Labviral.com akan menyelami fungsi mendasar dari spakbor, memahami mengapa komponen ini memegang peran yang begitu penting dalam menjaga kesehatan dan keamanan motor kamu.

Setiap komponen sepeda motor memiliki peran dan fungsi masing-masing. Mulai dari elemen mesin hingga berbagai komponen yang dapat dilihat dari luar, semuanya diperlukan untuk memastikan motor beroperasi secara optimal dalam setiap perjalanan.

Baca Juga: Jangan Sampai Kecewa, Begini Tips Beli Honda BeAT Bekas 2020 ke Atas

Sama halnya dengan spakbor yang memiliki berbagai fungsi penting, berikut ini adalah beberapa fungsi dari spakbor yang sebaiknya kamu ketahui.

Pelindung dari cipratan air

Fungsi utama dari spakbor adalah melindungi pengendara dan penumpang dari cipratan air. Dengan adanya spakbor di bagian depan dan belakang motor, keduanya akan lebih terlindungi dari percikan air yang berasal dari roda.

Hal ini menjadi sangat penting ketika kamu mengendarai motor di jalanan basah atau saat hujan turun. Oleh karena perannya sebagai pelindung, sebaiknya kamu tidak memodifikasi atau memotong spakbor motor kamu.

Meningkatkan kenyamanan dan keamanan

Fungsi sebagai pelindung membuat spakbor dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna motor. Keduanya merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam setiap perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini